Sabtu, Desember 26, 2009

Tentang Masa Depan

Akhir ini gue banyak berdikusi tentang suatu topik, isi topiknya adalah 'masa depan'...

Tentu saja masa depan yang dimaksud disini adalah yang berhubungan dengan kerjaan gue, jadi diskusi ini bukan tentang masa depan dalam konteks yang lain (nikah, beli ini..itu dll), tapi lebih tentang rencana ke depan yang mau kita bikin dalam lingkup kerjaan gue di bidang networking, telecommunication, data carrier.

Gue banyak dapet masukan, baik dari rekan2 kantor gue, custumer2 gue, blog2 yang gue baca, bahwa gue ga seharusnya lama2 jadi engineer, isu nya disini adalah apakah gue sanggup, atau rekan2 gue sanggup, jika harus sampai katakanlah 'tua' dengan tetap memilih jalur engineer.

Berprofesi sebagai engineer, tentu saja harus berhadapan dengan perangkat, yang berarti banyak baca manual, technical document, dll. Dan banyak yang berdikusi dengan gue klo mereka ngerasakan sudah terlalu lama mereka berkutat dengan hal2 yang itu2 aja. mungkin...bosan.

Dari beberapa responden, banyak yang bilang, berprofesi sebagai engineer dimasa muda itu menyenangkan..dalam artian banyak jalan2, ngoprek2, yang jika memang hobi, memang menyenangkan. Tapi seiring waktu, jika kita tidak membuat rencana, kita lupa waktu, dan tanpa disadari beberapa belas tahun berlalu dengan melakukan hal yang mungkin itu itu saja.

Well, di usia experience gue yang masih 'hijau' ini, mungkin gue ga bisa bicara banyak soal itu, karena saat ini gue masih niat memang untuk baca2 tech manual, ngoprek2. dan rencana gue adalah gue berusaha menimati saat2 ini semaksimal yang gue bisa, dengan tidak banyak membuang waktu. Dan memang, tampaknya rencana ke depan gue, mungkin 2 tahun dari sekarang, gue sudah bisa masuk ke jenjang consultant. dan sungguh, ini gue tulis disini semata2 semoga tulisan ini bisa ngingetin gue atas niat yang sudah gue buat.

Dalam 5 tahun, mungkin gue akan banting stir masuk ke business session dari bidang gue, mungkin product manager, mungkin pre-sales, atau mungkin general manager...(boleh kan mimpi) :) .

Dan untuk sekarang ini, gue berusaha nikmati yang gue kerjakan. , gue nikmati ilmu yang melimpah ruah ini, gue nikmati ibadah gue, gue nikmati musik gue....gue nikmati hidup ini.

dan bro and gals...i hope you enjoy your work and life too

1 komentar:

fedri mengatakan...

mmm masa depan... kapan kamu kawin? kapan kamu punya anak? kapan kamu punya adik?