Rabu, Desember 16, 2009

Less Gas world, Better World

Gue baru kerja setahun empat bulan,

Selama gue kerja, gue berangkat dari rumah sampai ke kantor sekitar 1,5 jam, on heavy traffic it cost 2 hours. dan gue berangkat kerja naik motor gue, dan ribuan orang lain juga naik motor, ribuan lainnya menggunakan kendaraan pribadi, sebagian menggunakan fasilitas umum.

Sampai kantor, tentunya gue bekerja, setiap jam? Tidak. berapa jam yang gue habiskan di kantor dengan tidak melakukan apa2.

The point is, jejak polusi yang gue bikin selama gue berangkat dan gue pulang sangat besar, berapa liter bensin yang gue buang, dikali ribuan pengendara lainnya. Bukankah dunia sedang krisis energi, bukankah ini pemborosan.

Lalu gue berpikir tentang collaboration, apa itu collaboration? check this out.

http://en.wikipedia.org/wiki/Collaboration


http://en.wikipedia.org/wiki/Collaborative_software

Dari situ berangkat pemikiran ini, JIKA, teknologi sudah membuat kita untuk dapat bekerja dari rumah tanpa pergi ke kantor, UNTUK APA KITA BERANGKAT KE KANTOR. kita bisa membuat janji rapat di WebEx (Cisco Systems collaboration tool), Presentasi power point, Melakukan Telnet ke perangkat (For Me :P), Mengobrol ga jelas, Menulis dokumen, share dokumen, kirim dokumen ke bos, apa lagi??, kemudian jika memang ada sewaktu implementasi lapangan baru kita pergi ke lokasi. Bukankah itu lebih baik, Lebih Hemat, Lebih Efektif dibandingkan kita membuat JUTAAN orang menuju Ibukota setiap hari hanya untuk chit chat di kantor terus pulang Jam 2 siang (no offense). Berapa Juta liter bensin yang bisa kita simpan, Betapa indahnya kota2 jika kendaraan berkurang, less carbon print.

Here little example of Collaborations tool, what do you think.

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_collaborative_software




Tidak ada komentar: