Rabu, Maret 17, 2010

Unpredictable Projects

Baru-baru ini gue selesai mengerjakan project instalasi WLAN menggunakan produk cisco (aironet) di salah satu custumer gue. mungkin project ini banyak yang mengganggap cukup mudah, tapi di awal sebelum mengerjakan, gue sempat ragu apakah gue bisa mengerjakan project ini dengan sempurna,

point2 yang membuat gue ragu :

1. Gue belum pernah mengerjakan project WLAN sebelumnya.
2. Gue belum pernah ditraining tentang produk ini.
3. Gue nggak sempat membuktikan konsep design dari custumer di kantor, karena barang terlanjur dikirim ke custumer.
4. Project management yang melenceng jauh dari yang gue pelajari di DESGN, dimana yang gue terima cuma BOQ, dan topologi network yang diinginkan custumer, tanpa di provide existing network.


tapi semua ini bukan alasan, gue maju juga dengan segala keterbatasan itu, memang sedikit materi tentang aironet sudah gue pelajari di Switching (BCMSN), jadi gue review lagi materi2 itu, gw pelajari materi CWNA, Cisco Wireless Study Guide untuk menambah referensi gue, dan mengatasi masalah2 yang mungkin timbul pada saat instalasi.

Gue nggak ngeshare topology custumer, tapi gue sedikit menemukan trouble di Country Code dan bridging pada aironet, yang menghabiskan gue waktu 3 hari untuk menyelesaikan semuanya.

Gue senang, project ini selesai, dan materi2 tersebut gw pelajari ketika gue sedang getol2nya belajar DESGN. jadi switching antar materi benar2 diuji disini ;)

Gue menunggu project2 baru selanjutnya, yang menantang gue untuk belajar hal2 yang tidak pernah gue menyangka akan mempelajari ;)

Gue suka ini...

Tidak ada komentar: